Selayang Pandang Sejarah Pembentukan FAST

Proses pembentukan ikatan alumni sudah dimulai sejak tahun 1997. Di beberapa wilayah seperti Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Jawa Timur dan Jawa Barat sempat dibentuk organisasi ikatan alumni, sebagai wahana berkumpul dan berkreasi para alumni. Namun organisasi-organisasi wilayah ini tidak memiliki wadah yang resmi, serta terpisah satu sama lainnya.

Upaya penyatuan Ikatan Alumni akhirnya dimulai pada tahun 2001. Bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, diselenggarakan kongres agar dapat dibentuk organisasi pusat ikatan alumni yang mewadahi organisasi-organisasi wilayah yang sudah terbentuk. Akan tetapi output dari Kongres tahun 2001 tidak berhasil terealisasi dan pembuatan Ikatan Alumni kembali mandeg di tengah jalan.

Selanjutnya, pada tahun 2004 upaya membangun ikatan alumni kembali dikembangkan oleh para alumni baru. Mengambil media maya, sebuah interaksi alumni diberi nama ikast3 terbentuk. Interaksi ini berhasil membuahkan Website http://www.ikast3.org yang berisi aktivitas para alumni. Milis IKAST3 sampai saat ini tetap ada, namun member aktifnya tidak sebanyak dulu lagi.

Fast Center Bandung

Presidium Pembentukan Forum Alumni STT Telkom

Pada Januari 2007 para alumni kembali berkumpul di Kampus STT Telkom, Dayeuhkolot Bandung. Disepakati pembentukan Dewan Presidium yang akan memimpin pembentukan organisasi Forum Alumni STT Telkom. Dewan Presidium berhasil menetapkan visi dan misi organisasi, AD/ART, desain struktur organisasi, logo dan nama FAST (Forum Alumni Sekolah Tinggi Teknologi Telkom) sebagai nama resmi ikatan alumni.

Peresmian FAST Center Jakarta 2008

Susunan Dewan Pengurus FAST periode pertama yaitu: Triwiyasa sebagai Presiden, Wahyu Haryadi sebagai Sekretaris Jenderal dan Yoke Yuni Karnida sebagai Bendahara Umum. Adapun Dewan Pengawas beranggotakan Henry Christiadi dan Dedi Suherman.

Peresmian FAST

Pada acara Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma STT Telkom tanggal 24 Maret 2007, FAST diumumkan secara resmi sebagai Perkumpulan Alumni STT Telkom oleh Ketua STT Telkom Bapak Husni Amani dan disaksikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bapak Herry Kusyaeri dan Direktur Utama PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Bapak Rinaldi Firmansyah. Dengan peluncuran tersebut, disepakati secara bersama-sama bahwa tanggal 24 Maret sekaligus diresmikan menjadi hari lahirnya FAST.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi di organisasi STT Telkom, yang mana pada tahun 2007 berganti nama dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom menjadi Institut Teknologi Telkom. Maka untuk menindaklanjuti perubahan tersebut, para Alumni menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus FAST di Hotel Novotel Bogor, 26 Juli 2008. Yang mana dalam Rakernas disepakati perubahan nama organisasi FAST dari Forum Alumni STT Telkom menjadi Forum Alumni Institut Teknologi Telkom dengan tetap mempertahankan FAST sebagai brand organisasi.

Kepengurusan FAST periode 2007-2012 berakhir dengan Pelantikan Henry Christiadi sebagai Presiden FAST periode 2012-2016 pada tanggal 25 April 2012.

Perubahan menjadi Forum Alumni Universitas Telkom

Bergabungnya IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom ke dalam Universitas Telkom (Tel-U), secara langsung memberikan pengaruh besar bagi perkumpulan Alumni keempat Almamater yang telah melebur ke dalam Tel-U.

Sehingga setelah sempat berjalan sebagai organisasi tanpa induk almamater, akhirnya para perwakilan pimpinan dan pengurus Ikatan Alumni di lingkungan Tel-U sepakat untuk mulai merumuskan pembentukan wadah yang dapat menyatukan seluruh Alumni yang Almamaternya telah menjadi bagian dari Universitas Telkom dan menampung.

Pembahasan mengenai pembentukan wadah ikatan Alumni di tingkat Tel-U dimulai pada bulan Maret 2014. Lokasi pembahasan dilakukan di Jakarta dan Bandung. Forum pembahasan ini turut melibatkan para pengurus inti dari masing-masing organisasi Alumni yang berasal dari IAS (Ikatan Alumni STISI), IKA IMT (Ikatan Alumni IM Telkom), IA Politel (Ikatan Alumni Politeknik Telkom), dan FAST sendiri.

Dengan mengedepankan kebersamaan dan semangat positif untuk lebih memajukan Almamater baru yang bernama Tel-U, pembahasan terkait pembentukan wadah Alumni se-Universitas Telkom menemui titik terang pada bulan September 2014. Dimana seluruh perwakilan organisasi Alumni di lingkungan TEL-U telah memiliki persepsi, maksud, tujuan dan semangat yang sama terkait langkah-langkah yang perlu diambil untuk merealisasikan pembentukan perkumpulan Alumni Universitas Telkom. Selanjutnya untuk memfinalkan kesepakatan yang sudah diraih, dipilihlah tanggal 2 Oktober 2014 sebagai hari untuk menuangkan kesepakatan ini dalam Piagam

Inaugurasi Presiden 2012
Proses Penyatuan FAST

Deklarasi Forum Alumni Universitas Telkom.

Akhirnya, dengan mengucap syukur kepada Allah SWT. Bertempat di Mall Pacific Place Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2014, Deklarasi Forum Alumni Universitas Telkom ditandatangani oleh Para Pimpinan Organisasi Alumni di lingkungan Universitas Telkom

Unifikasi FAST

yang terdiri dari:

  • Forum Alumni Institut Teknologi Telkom;
  • Ikatan Alumni Institut Manajemen Telkom;
  • Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia;
  • Ikatan Alumni Politeknik Telkom

beserta para lulusan Universitas Telkom.

Dengan penandatanganan Deklarasi tersebut, maka otomatis FAST bertransformasi menjadi Organisasi Alumni di tingkat Universitas Telkom. Kepanjangan FAST yang tadinya Forum Alumni Institut Teknologi Telkom, berubah menjadi Forum Alumni Universitas Telkom. Selain itu, definisi Anggota FAST juga berubah menjadi setiap orang yang pernah tercatat sebagai mahasiswa/lulusan dari satu atau lebih program studi di perguruan tinggi:

  1. Universitas Telkom;
  2. Sekolah Tinggi Teknologi Telkom atau Institut Teknologi Telkom;
  3. Master of Business Administration Bandung atau Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom atau Institut Manajemen Telkom;
  4. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Bandung dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom;
  5. Politeknik Telkom;

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Forum Alumni Universitas Telkom

Log in with your credentials

Forgot your details?