” Sesungguhnya Allah SWT mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-buan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak. Banyak hal shalih yang di syari’atkan dan dilipatgandakan amal kebaikannya. “

Pada bulan Ramadhan kali ini, tepatnya hari Kamis (15 Juni 2017) Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) kembali menyelenggarakan acara Buka Puasa dan Silaturahmi di FAST Center Jakarta. Dalam acara buka bersama ini, FAST juga menyerahkan sumbangan yang terkumpul dari para alumni kampus Universitas Telkom berupa waqaf Al-Qur’an Braille lebih dari 400 juz, melalui LSM Ummi Maktum Voice.

Ummi Maktum Voice merupakan LSM yang terus konsisten dalam usaha penyebaran Al-Qur’an Braille di Indonesia. Saat ini baru tersebar sekitar 20.000 Al-Qur’an Braille dari sekitar 2 juta tuna netra di Indonesia. Sedangkan mesin percetakan Al-Qur’an Braille ini hanya ada 3 saja di seluruh Indonesia, salah satunya adalah mesin yang diadakan waktu masa presiden Soekarno di tahun 1950. Oleh karena itu, FAST akan terus mendukung usaha penyebaran Al-Qur’an Braille di Indonesia. Waqaf Al-Qur’an Braille dari FAST kali ini nantinya akan didistribusikan ke wilayah Ngawi & Gresik.

Acara buka bersama dan waqaf Al-Qur’an braille ini dihadiri oleh alumni-alumni Universitas Telkom, Alumni yang dulunya berasal dari STISI Telkom, Politeknik Telkom, STMB/IMT, STT Telkom/ITTelkom, dari angkatan 1991-2013. Dihadiri pula oleh Management Universitas Telkom, Direktorat Endowment & Alumni, perwakilan Astacala Foundation dan perwakilan dari Telkom Indonesia. Acara dimulai dengan bacaan AL-fatihah yang dipimpin oleh MC acara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan penyelenggara dan pendukung acara.

Presiden FAST, Kang Ahmad Nugraha, menyampaikan, bahwa Ramadhan moment utk lebih mencintai dan memahami Al Quran, karena di bulan ini juga AL-Qur’an pertama kali diturunkan. Selama bulan Ramadhan Keluarga besar FAST akan terus berupaya menebar kebaikan dan manfaat bagi sesama. Sebagai Forum alumni juga akan terus berupaya menumbuhkan spirit “giving” dan meningkatkan moment kebersamaan dan silaturrahmi dalam keluarga besar alumni Universitas Telkom.

Pak A.T. Hanuranto selaku Direktur Endowment dan Alumni Universitas Telkom, juga mengungkapkan rasa syukurnya dan terima kasih karena diundang dan ikut dilibatkan dalam kegiatan yang sangat istimewa ini. Kita harus terus menggalakkan semangat berbagi dan memberi terhadap sesama dan meningkatkan rasa syukur serta ibadah di bulan Ramadhan yang penuh keistimewan dan keagungan.

Dari perwakilan Management Universitas Telkom yang dihadiri Bapak Dr. M. Yahya Arwiyah, selaku wakil rektor IV Bidang Kemahasiswaan, sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Selain menjaga persatuan dan kebersamaan alumni, sebagai alumni juga harus memberikan manfaat dan makna bagi lingkungan sekitar. Alumni Universitas Telkom sudah tersebar di berbagai bidang pengabdian dan harus menjadi pelaku kebaikan di lingkungannya, kegiatan positif harus terus dikembangkan dan disebarkan.

Setelah menyantap buka bersama dan menunaikan sholat maghrib berjamaah di FAST Center, Pak Entang Kurniawan selaku ketua LSM Ummi Maktum Voice menyampaikan ucapan terima kasih dan sedikit pesan serta motivasi ke para hadirin. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan FAST yang juga ikut berpartisipasi dalam program pemberantasan buta huruf Al-Qur’an Braille untuk insan tuna netra di Indonesia. Pak Entang yang menderita tuna netra, berpesan agar hadirin semua harus lebih banyak bersyukur diberikan kesempatan melihat, banyak manfaatkan lah untuk hal kebaikan. “Buta hati lebih sangat berbahaya daripada buta mata”, Ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi pemberian sumbangan waqaf Al-Qur’an Braille ke LSM Ummi Maktum Voice dan para pendukung doorprize acara. Dalam acara ini peserta yang hadir mendapatkan doorprize yang di support dari Oracle Indonesia, Pasca Sarjana Universitas Telkom dan Q-Free.

Sebelum acara ditutup, Dewan Pengawas FAST / VP Regulatory Telkom, Kang Henry Christiadi, berpesan ke alumni agar terus bergerak bersama memberikan value kepada masyarakat Indonesia. Jaringan FAST sudah semakin besar, maka semakin terbuka potensi sinergi dan kolaborasi antar alumni. Semoga FAST tetap terus memberikan kontribusi terhadap masyarakat Indonesia, sesuai dengan slogan-nya “FAST, Untuk Indonesia!”

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Forum Alumni Universitas Telkom

Log in with your credentials

Forgot your details?