Bandung – Sabtu (20/9), FAST (Forum Alumni Universitas Telkom) bersama dengan BEM KEMA Teknik menggelar Sesi II Kegiatan FAST Sharing Series ICT Regulation Edition. Bertempat di gedung Learning Center Kampus Universitas Telkom, kegiatan dengan tema “Peranan Regulasi Telekomunikasi dalam Memajukan Pembangunan Masyarakat Indonesia” berhasil menghadirkan Komisioner BRTI, Dr. Sigit Puspito Wigati selaku Pembicara Utama. Mahasiswa dan Undangan yang menghadiri kegiatan seminar ini mencapai lebih dari 100 orang meliputi mahasiswa, komunitas riset regulasi, dosen, dekanat, rektorat dan perwakilan pelaku bisnis.

Mengawali acara, Kepala Divisi Riset dan Teknologi BEM KEMA Teknik Tommy Darmadi menyampaikan maksud dan tujuan BEM mengadakan acara ini dengan bekerjasama ke FAST. Tommy mengatakan Mahasiswa sebagai Agent of Change harus menjadi aware dengan perkembangan IPTEK. Maka dari itu, BEM Teknik sangat berterima kasih kepada FAST yang telah berpartisipasi dalam upaya peningkatan wawasan dunia Telekomunikasi kepada Mahasiswa. Sambutan selanjutnya diberikan kepada Ibu Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T selaku Dekan Fakultas Teknik Elektro. Menurut Beliau, Regulasi telekomunikasi harus berkembang sinergi dengan perkembangan teknologi. Hal ini dimaksudkan agar Regulasi dapat mendukung lahirnya perkembangan teknologi yang senantiasa bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Setelah sambutan dari ibu Rina, acara dilanjutkan dengan sambutan dari FAST yang diwakilkan oleh Kang Arief Hamdani. Beliau menekankan agar mahasiswa segera memulai mempelajari Regulasi Telekomunikasi yang berlaku di Indonesia. Karena Regulasi sangat erat kaitannya dengan masa depan Industri Telekomunikasi yang nantinya akan mempengaruhi penelitian teknologi terbaru di dunia.

Setelah sambutan dari bapak arief acara dilanjutkan dengan perkenalan profile bapak Dr. Sigit Puspito Wigati oleh moderator yang dilanjutkan pemaparan materi seminar oleh beliau. Pemaparan materi seminar dibagi atas 3 hal pokok yaitu tentang perkembangan teknologi telekomunikasi dari generasi ke generasi, Market trend dari perkembangan bisnis telekomunikasi dan pemaparan peran regulasi terhadap perkembangan telekomunikasi. Beliau juga mengenalkan konsep 5G pada peserta seminar yang umumnya didominasi oleh Mahasiswa. Pada akhir sesi dibuka sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para peserta seminar, Sesi tanya jawab diakhiri dengan games pemaparan fantasi teknologi 5G oleh 3 orang peserta. Games ini dimenangkan oleh Mikael (D3TT2014) dengan memberi analogi sederhana bahwa dengan teknologi 5G kemungkinan nanti industri bioskop akan tutup karna masyarakat lebih memilih mendownload film dari internet.

Siang hari sebelum acara berakhir, Presiden FAST Kangmas Henry Christiadi tiba di Bandung sehabis mengikuti pembukaan Hari Bakti Postel bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Ir. Tifatul Sembiring di Jakarta. Kangmas Henry mengajak mahasiswa untuk dapat berkontribusi aktif di FAST setelah nanti menjadi alumni.

Setelah seminar berakhir para tamu undangan, pembicara dan moderator melakukan santap siang bersama sebelum acara berakhir. Tak lupa Kangmas Henry selaku President FAST mengucapkan terimakasih sebesar besarnya pada perwakilan pimpinan Telkom University, Moderator, serta Dr. Sigit Puspito yang telah menyempatkan hadir sebagai pembicara. Presiden FAST berharap agar ada kerjasama yang sinergi dan berkesinambungan antara FAST, Telkom University dan BRTI dalam pengenalan dan pendidikan regulasi kepada seluruh civitas akademi Tel – U dan juga institusi Tel – U.
Salam FAST untuk Indonesia!

Posted using Tinydesk blog editor

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2019 Forum Alumni Universitas Telkom

Log in with your credentials

Forgot your details?