Bandung, Telkom University – Menjadi universitas kelas dunia, itulah yang tertulis dalam visi Telkom University. Untuk merealisasikan hal tersebut kampus yang setiap tahunnya mampu menyerap hingga 6000 mahasiswa ini terus mencetak berbagai prestasi di tingkat internasional. Salah satunya adalah sebuah riset yang dibuat oleh dua mahasiswa Teknik Fisika yaitu Syammary Naufal dan Zsi Zsi Meydwika Andwitri, didampingi oleh seorang Dosen Teknik Fisika, Dr. Abrar, M.Si juga seorang peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hasil riset mereka akan di presentasikan di Universitas Cambridge, Inggris.

Hasil riset tersebut di rangkum dalam paper yang kemudian di submit ke ICITM 2017 (International Conferences on Industrial Technology and Management 2017) yang diikuti oleh lebih dari 23 negara diantaranya Taiwan, Malaysia, China, Oman, Jepang, Saudi Arabia, Thailand, Norwegia, Meksiko, Jerman, Inggris, Hongkong, Indonesia, dll), dari 159 paper yang disubmit, telah lolos 103 paper termasuk paper yang dibuat oleh mahasiswa Telkom University.

Secara teknis, riset yang dilakukan adalah membuat devices mikro yang berukuran 25mmx 25mm yang menghasilkan tenaga listrik sekitar 500 miliVolt hingga 1000 mV, dengan sumber energi berasal dari getaran (Hertz), atau akrab dikenal dengan istilah EVEH (Electro Dynamics Energy Harvesting).

Pada kegiatan ICITM 2017, tim riset yang telah lolos semuanya akan bertemu di Universitas Cambridge, dan saling berkompetisi mempresentasikan hasil riset nya di hadapan seluruh tim riset (Mahasiswa Ph.D, Mahasiswa Master, Dosen, Peneliti) serta para Profesor. Paper hasil riset yang telah lolos seleksi tsb nantinya akan di publikasikan oleh IEEE yang terindex oleh Scopus, Ei Compendex.

 

Abdullah Adnan

– See more at: http://telkomuniversity.ac.id/id/news/riset-mahasiswa-telkom-university-di-presentasikan-di-universitas-cambridge#sthash.ilMF0y4J.dpuf

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Forum Alumni Universitas Telkom

Log in with your credentials

Forgot your details?