Bandung – Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dan BEM KEMA Telkom University mengadakan Seminar Humas dan Etika Bisnis di Era Teknologi Informasi pada hari Minggu (13/9), di ruang Multimedia Learning Center Telkom University. Walaupun diadakan pada hari Minggu, seminar yang dipersembahkan oleh FAST dan BEM TEL-U ini mendapatkan antusias yang tinggi dari peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang datang dan aktif mengikuti materi seminar, diskusi dan tanya jawab hingga acara selesai.

Sebelum sesi seminar dimulai, terdapat sesi pemberian sambutan acara yang disampaikan oleh Presiden BEM Aidil A Pananrang, Ibu Wakil Dekan I FKB Ibu Ade Irma Susanty Ph.D, Presiden FAST Kangmas Henry Christiadi dan Direktur Kemahasiswaan TEL-U Bapak Hendratno.

Seminar Humas 3

Seminar terbagi dalam dua sesi, sesi pertama diisi oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Forum Humas BUMN Teddy Poernama, membawakan materi tantangan humas pemerintah dan BUMN di era teknologi informasi. Teddy menyampaikan 3 tantangan dari HUMAS di pemerintahan yaitu peran, kompetensi HUMAS, dan yang terakhir adalah level dan akses. Hingga kini masih terbilang jarang instansi pemerintah dan BUMN yang menempatkan Humas sebagai unsur penting di struktur organisasi dan tata kerja. Bahkan di lingkungan BUMN sendiri masih banyak yang menempatkan Humas di level pimpinan perusahaan.

Humas juga memiliki tantangan tersendiri bila dikaitkan dengan era teknologi informasi. Era ini menuntut keterbukaan informasi bagi masyarakat, namun tetap harus berpegang pada rambu-rambu etika komunikasi dan organisasi. Media sosial yang kini berkembang pesat dalam Kehumasan harus turut menjadi perhatian bagi BUMN dalam sosialisasi program ataupun keberhasilan pembangunan pemerintah.

seminar humas 2

Sesi kedua yaitu diskusi panel yang diisi oleh 3 pembicara yaitu, Ibu Ade Irma Susanty Ph.D. selaku Wakil Dekan I Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University, Bapak Hadi Purnama selaku dosen IKOM FKB dan Ketua ASPIKOM Jawa Barat dan Kang Rahmat Fitra Wibowo (Bowo) selaku alumni Telkom University 2008 yang kini menjadi public relation di NET. TV.

Pada diskusi ini, Hadi Purnama selaku dosen IKOM membawakan materi mengenai peran perguruan tinggi dalam menyiapkan kompetensi lulusan yang siap bersaing di era komunikasi digital. Di sesi ini pula beliau menerangkan bahwa public relation merupakan profesi yang terbuka. Semua orang dapat terjun ke dalam profesi ini. Namun, ada lima hal yang wajib dimiliki yakni kemampuan menulis, terlatih berpikir kritis, memiliki skill dalam memecah masalah, kemampuan public speaking, dan inisiatif dari diri sendiri.

Kang Bowo menyampaikan bahwa public relation harus punya strategi dalam menyampaikan visi misi serta tujuan dari perusahaan. Sedangkan fungsi public relation di media adalah berusaha agar bisa eksis di masyarakat dan dapat menyampaikan tujuan perusahaan.

Terakhir Ibu Ade Irma menyampaikan bahwa dalam menggunakan media sosial kita tidak boleh menyinggung SARA dan saling menghujat.

Sesi kedua ditutup oleh tanya jawab seputar materi yang disampaikan. Seminar ditutup oleh hiburan yang dan pembagian door prizes.

Sumber: UKM Aksara TEL-U.
via PressSync

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2017 Forum Alumni Universitas Telkom

Log in with your credentials

Forgot your details?